0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kerja 24 Jam, Penjaga SD Negeri ini Digaji Rp 500 Ribu/Bulan

Syamsul, penjaga SDN Cengklik, Solo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Tentu tidak ada yang mengira, pada jaman sekarang ini ada seorang pegawai yang digaji jauh di bawah upah minimum, apalagi pada instansi negeri, sekalipun pegawai honorer. Tetapi realitasnya masih ada.

“Sekarang ini gaji saya sebesar Rp 500.000 per bulan. Itupun baru naik sebesar itu pada bulan ini. Sebelumnya hanya Rp 450.000 per bulan,” ujar penjaga SD Negeri Cengklik, Solo, Syamsul kepada wartawan, di sekolah setempat, Rabu (7/9).

Syamsul yang saat ini berusia 41 tahun mengaku bekerja sebagai penjaga sekolah sejak tahun 2007. Waktu mengawali sebagai penjaga sekolah, adalah di SD Negeri Beskalan, Solo. “Waktu itu masih digaji Rp 50.000 per bulan,” ujarnya.

Setelah itu, Ia pindah ke SD Negeri Cengklik  juga sebagai penjaga sekolah. Menurut Syamsul, berada di SD Cengklik digaji sekitar Rp 300.000 per bulan. Kemudian naik bertahap, dan sekarang menjadi Rp 500.000.

Sebagai penjaga sekolah, menurut Syamsul yang punya lima anak, memiliki tugas utama menjaga keamanan dan kebersihan sekolah selama 24 jam. “Karena harus menjaga keamanan dan kebersihan sekolah, maka saya sekeluarga tinggal di dalam lingkungan sekolah,” jelasnya.

Untuk mengurangi beban kebutuhan sehari-hari, isteri Syamsul berjualan makanan dan minuman di kantin sekolah. Mulai dari es teh, teh, makanan bungkusan, snack dan sebagainya. “Hasil tidak besar, tetapi cukup mengurangi beban kebutuhan sehari-hari. Cuma kalau libur, otomatis tidak jualan. Berarti tidak ada penghasilan tambahan,” ujarnya.

Sebetulnya beberapa kali ia telah mengajukan permohonan menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Tetapi gagal. Begitu pula permohonan kenaikan gaji, namun belum ada perhatian pemerintah setempat. “Paling tidak kami diberi sesuai upah minimum, kami sudah bersyukur. Tetapi sampai saat ini, belum,” ujarnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge