0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Kelurahan Ditunjuk Sebagai Tempat Uji Coba Vocher Pangan

Masyarakat saat melakukan transaksi vocher pangan di agen (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Sebanyak lima agen di dua kelurahan ditunjuk Bank Jateng sebagai tempat uji coba penerapan vocher pangan. Dengan adanya uji coba sistem baru itu penerima raskin bisa melakukan transaksi, baik untuk melakukan pembelian barang maupun tarik tunai.

“Dua Kelurahan itu diantaranya adalah Keratonan tiga agen dan Kemlayan dua agen. Mereka kita tunjuk agar pelayanan yang diberikan bisa lebih dekat dengan masyarakat,” ujar Pimpinan bidang pemasaran Bank Jateng, Rachmat Wahono kepada wartawan, Rabu (7/9).

Dikatakannya, uji coba penerapan vocher pangan tersebut sebenarnya cara untuk mencari pola penyaluran bantuan kepada warga kurang mampu yang selama ini mendapatkan jatah raskin dari pemerintah. Sehingga dengan sistem baru itu, si penerima manfaat tidak akan mendapatkan jatah beras seperti sebelumnya, tapi mereka akan mendapatkan bantuan dengan berwujud uang yang ada di dalam vocher tersebut.

“Jumlah nominal yang ada didalam vocher itu sebanyak Rp 220 Ribu. Cuma dalam penarikannya dibagi dua, yaitu Rp 110 Ribu untuk membeli barang seperti susu, telur dan beras dan Rp 110 Ribu bisa ditarik tunai,” jelasnya.

Menurutnya, uji coba sendiri akan dilakukan dalam dua tahap penyaluran, setelah itu dilakukan evaluasi. Hal itu mengingat, sistem vocher pangan ini baru akan diterapkan di seluruh Indonesia pada 2018.

“Untuk 2017 baru sebagian atau 40 daerah saja yang rencananya akan menggunakan sistem ini. Target secara keseluruhan masih 2018,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge