0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pakai Nama Komersial, Halte BST Pakai Dana Swasta?

timlo.net/angel rose
Calon penumpang BST tengah menunggu Bus, di Halte depan resto cepat saji Mc Donald. (timlo.net/angel rose)

Solo — Masalah pemilihan nama Halte Bus Batik Solo Trans (BST) sempat jadi perbincangan hangat di media sosial, facebook. Sebuah Halte Bus BST menggunakan nama komersial sebuah lembaga swasta dinialai memiliki efek promosi. Padahal pembangunan Halte menggunakan dana Angaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Padahal pembangunan halte tersebut memakai dana APBD yang besar sekali apa masih kurang sehingga butuh sponsor lagi?” tulis akun facebook Yayok Aryoseno, Selasa (6/9).

Status tersebut langsung mengundang berbagai komentar. Akun Amin Kaos Solo menanggapi, ketika fasilitas umum dibiayai oleh rakyat melalui APBD, penamaannya harus merajuk pada branding sosial (nama sekolah, lembaga sosial, nama kampung). Sementara akun Shaggy Sigit Sarwanto menyarankan agar Pemkot Solo, melalui dinas terkait segera melakukan penamaan kembali Halte Bus BST di seluruh wilayah Kota Solo.

Pemerhati Kota, Yayok Aryoseno khawatir penggunaan nama swasta pada Halte Bus BTS akan menimbulkan dampak buruk. Kebijakan tersebut dinilai tidak berpihak pada rakyat. Akan lebih baik bila Halte Bust BST diberi nama sesuai kawasan yang ditempati. Misalnya Halte Mc Donald diganti dengan Halte Keprabon.

”Pemberian nama ini bisa membantu memunculkan kembali nama-nama kawasan di Kota Solo yang mulai hilang dari ingatan masyarakat. Khususnya generasi muda,” jelasnya Rabu (7/9)

Ditambahkan, jika hal ini diteruskan, kondisi ini bisa melebar kemana-mana. Saat ini, Halte Bus BST dan papan penunjuk jalan sudah ditempeli embel-embel komesil. Ditakutkan banyak instansi swasta yang ikut menawarkan kerjasama dengan dinas terkait, untuk  melakukan promosi melalui fasilitas umum.

“Saya rasa dengan anggaran hampir Rp 100 juta per Halte, tidak jadi soal bila namanya diganti dengan yang tidak berbau komersil,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge