0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kembangkan Mobil Pedesaan, Kemendikbud Gelontor Rp 1,4 M

timlo.net/aditya wijaya
Prototipe mobil pedesaan yang dikembangkan SMKN 2 Klaten (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — SMK Negeri 2 Klaten menerima kucuran dana miliaran rupiah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bantuan tersebut guna mendukung pengembangan prototipe mobil pedesaan.

“Bantuannya sebesar Rp 1,4 Miliar untuk pembangunan gedung bengkel prototipe mobil pedesaan akhir Desember nanti,” ujar Ketua Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Penanggung Jawab Kegiatan Program Mobil Pedesaan SMKN 2 Klaten, Suharto, Rabu (7/9).

Kepastian bantuan tersebut, lanjut dia, diperoleh paska kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Sutarta awal Agustus lalu.

Selain didukung kedua kementerian, pengembangan mobil pedesaan juga melibatkan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Pasalnya, pemasaran mobil tersebut akan menyasar desa-desa yang memiliki dana desa.

“Nanti yang parkiran sepeda akan dikorbankan. Tapi nanti kalau gedung jadi akan jadi tempat proses perakitan, bukan buat komponen lho. Karena kita belum mampu. Sedangkan dari Perindustrian (Menperin) berupa alat pada tahun lalu sekitar Rp 300 juta,” lanjut Suharto.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge