0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Permintaan Sapi Kurban Meningkat 100 Persen

dok.timlo.net/tarmuji
Pasar sapi Pracimantoro, Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Solo — Menjelang Hari Raya Idul Adha, jumlah permintaan hewan kurban di sejumlah pedagang terjadi peningkatan. Bahkan permintaan tersebut juga diklaim mengalami peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya.

“Sekitar sebulan terakhir ini permintaan hewan kurban sudah mulai ramai. Para pembeli bervariasi, mulai dari dalam maupun luar kota,” ujar Kiswanto, koordinator penjualan hewan kurban MTA Solo, di Mojosongo, kepada Timlo.net, Rabu (7/9).

Dikatakan, sejak dipasarkan sebulan yang lalu jumlah permintaan hewan kurban khususnya sapi sedikitnya mencapai 80 ekor. Sedangkan kambing mencapai ratusan ekor. Tingginya permintaan hewan kurban tahun ini menurutnya karena daya beli masyarakat yang meningkat.

“Bahkan jika dibanding tahun sebelumnya, permintaan sapi mengalami peningkatan sekitar 100 persen dan kambing sekitar 20 persen,” jelasnya.

Untuk harga jual sendiri, disampaikannya cenderung stabil jika dibanding kondisi normal sebelumnya. Hanya saja jika dibanding periode tahun lalu ada kenaikan harga sekitar lima persen. Dari sekian banyak jenis sapi yang ditawarkan, mayoritas masyarakat lebih memilih sapi dari Bali dengan harga dikisaran Rp 16 juta – Rp 25 juta.

Sementara itu pedagang lainnya, Warsito memprediksi permintaan hewan kurban masih akan mengalami peningkatan hingga minggu terakhir jelang Idul Adha.

“Minggu-minggu ini biasanya penjualan mengalami peningkatan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge