0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Purwati Zisca Lulus Ujian Doktor UNS dengan Sangat Memuaskan

dok.timlo.net/tyo eka
Purwati Zisca Diana (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —¬†Pembelajaran kolaboratif merupakan strategi mengajar yang efektif bila dibandingkan dengan metode mengajar konvensional, seperti ceramah. Dalam kegiatan ini mahasiswa dapat belajar lebih banyak materi, dapat menyimpan informasi lebih lama, dan lebih menyukai kondisi kelas.

Demikian pendapat mahasiswa Program Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Kependidikan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Purwati Zisca Diana saat menyampaikan materi disertasinya di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Drs Sutarno MSc PhD, di ruang sidang senat UNS, Solo, Rabu (7/9).

“Pembelajaran kolaboratif memungkinkan mahasiswa untuk belajar dalam kelas bahkan tanpa bantuan dosen,” tandas Purwati.

Purwati mengatakan, upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa salah satunya dengan penulisan buku ajar. Model buku ajar Bahasa Indonesia berbasis pembelajaran kolaboratif untuk penguatan pendidikan karater di perguruan tinggi dianggap sebagai salah satu model yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.

“Alasan mengapa solusi yang ditawarkan adalah buku ajar, karena buku ajar mempunyai cukup banyak manfaat baik untuk dosen maupun untuk mahasiswa,” ujar Purwati.

Dosen tetap Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta ini menyampaikan disertasi berjudul “Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Pembelajaran Kolaboratif Untuk Penguatan Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi” dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge