0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Budi Gunawan Janji Kuatkan Fungsi BIN

merdeka.com
Komjen Budi Gunawan (merdeka.com)

Timlo.net – Komisi I DPR memutuskan Komjen Budi Gunawan layak diangkat menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso. Keputusan tersebut diambil setelah Komisi I DPR mendengarkan pemaparan visi dan misi yang disampaikan oleh Budi Gunawan dalam uji kepatutan dan kelayakan.

Budi Gunawan mengatakan, sesuai undang-undang, posisi Kepala BIN bertindak sebagai ‘mata dan telinga’ dari seorang Presiden. Sebab, Kepala BIN harus melaporkan segala informasi langsung ke Presiden.

“Kemudian yang kedua sesuai dengan undang-undangnya memang BIN mempunyai single client yaitu presiden. Tentu semua informasi yang dikumpulkan, yang diolah harus secara cepat, tepat, dan akurat bisa disampaikan ke bapak presiden, dijadikan dasar untuk mengambil kebijakan,” kata Budi Gunawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/9).

Sementara itu, pria yang akrab disapa BG ini membantah bahwa dirinya memiliki kedekatan secara pribadi dengan Presiden Jokowi. Dia hanya menyatakan, kedekatan dengan Jokowi hanya seputar hubungan antara Presiden dengan seorang Wakapolri.

“Semua orang juga dekat. Artinya kedekatan itu selaku jabatan saya sebagai Wakapolri. Itu ada hal-hal yang harus kita laporkan ke bapak presiden, perkembangan kejadian ke depan maupun langkah-langkah yang kita ambil,” katanya.

Sementara itu, apabila telah resmi dilantik menjadi Kepala BIN, dia berjanji akan bekerja sesuai konstitusi, baik sesuai UUD 1945 maupun UU No 17 tahun 2019 tentang Intelejen Negara.

“Kemudian peraturan presiden No.90 tahun 2012 tentang Badan Intelijen Negara. Ini semua menjadi dasar kita di dalam nanti lebih memantapkan, menguatkan fungsi BIN baik itu di bidang deteksi dini maupun peringatan dini,” ujarnya.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge