0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Umat Hindu Klaten Rayakan Hari Suci Galungan

dok.timlo.net/aditya wijaya
Umat Hindu merayakan hari suci Galungan di Pura Sasana Bhakti Desa Pasung, Wedi, Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Puluhan umat Hindu di Desa Pasung, Kecamatan Wedi merayakan hari suci Galungan, Rabu (7/9). Mereka datang ke Pura Sasana Bhakti setempat untuk memperingati hari raya besar kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (keburukan) tersebut.

“Selain bermakna memperingati kemenangan dharma atas adharma, hari suci Galungan juga memberikan keheningan atas kemakmuran dan kesejahteraan yang dilimpahkan Ida Sanghyang Widhi Wasa Tuhan Yang Maha Esa,” kata tokoh umat Hindu Desa Pasung, Sukardi, Rabu (7/9).

Hari suci Galungan jatuh pada hari Rabu Kliwon. Umat Hindu Desa Pasung mulai dari anak-anak hingga orangtua datang dengan membawa sesaji berupa makanan hingga buah-buahan untul persembahyangan.

Menurut Sukardi, Hari Raya Galungan juga dimaknai sebagai hari kelahiran jagad, yakni jagad alit atau manusia dan jagat agung atau alam semesta. Diharapkan umat Hindhu dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan agar mendapat tuntunan dan perlindungan sesuai ajaran dharma.

“Jagad alit dan jagad agung selalu terhubung. Maka untuk menjaga keharmonisan alam semesta, manusia harus menjaga, memelihara dan merawat alam lingkungan, salah satunya dengan tidak merusak alam seperti pembalakan maupun pembakaran hutan, dan membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge