0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan Usulkan Stadion Manahan Jadi Wisata Olahraga

dok.timlo.net /dhefi
Stadion Manahan Solo (dok.timlo.net /dhefi)

Solo — Kalangan legislatif menawarkan ide ke Pemkot Solo untuk menjadikan Stadion Manahan sebagai kawasan wisata olahraga di Kota Bengawan. Stadion Manahan dinilai mampu menjadi magnet tersendiri bagi mereka yang ingin menyaksikan kawasan terintegrasi khususnya bidang olahraga.

“Selama ini kan Manahan hanya dinikmati oleh warga di Karesidenan Surakarta. Harusnya, kawasan Manahan mampu menyedot minat banyak masyarakat dengan menawarkan kawasan olahraga yang terintegrasi menjadi satu,” terang anggota DPRD Solo Ginda Ferachtriawan, Rabu (7/9).

Tawaran ini muncul bukan tanpa alasan. Mengingat, kawasan Stadion Manahan memiliki sejumlah venue cabang olahraga seperti tenis lapangan, basket dan beberapa olahraga beladiri. Masyarakat juga dapat menikmati olahraga murah meriah yaitu jogging di kawasan tersebut. Tak hanya itu, sejumlah makanan kuliner juga terdapat dikawasan Stadion Manahan.

“Ini bisa menjadi komoditi bagi wisatawan luar kota sebagai objek wisata olahraga,” terangnya.

Di beberapa kawasan, stadion kebanyakan berada di pinggir kota. Namun, Stadion Manahan tergolong unik lantaran berada di tengah kota. Sehingga, fasilitas sejumlah fasilitas mulai dari hotel, transportasi, mall maupun sarana lain sangat mendukung untuk penerapan Stadion Manahan sabagai destinasi wisata olahraga.

“Kawasan lain itu stadionnya di pinggiran kota. Kalau di Solo ini sangat pas sekali. Jadi, ini merupakan sebuah peluang emas,” jelasnya.

Saat ini legislative tengah menggodok rancangan perda (Raperda) tentang Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan (RIPKA) yang menentukan 14 kawasan yang menjadi destinasi wisata. Kelemahan pengembangan kepariwisataan di Solo diakui terletak pada minimnya sumber daya alam (SDA).

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge