0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sudah Dipinang Investor Lokal, Putri Cempo Masih Dilirik Jerman

TPA Putri Cempo
TPA Putri Cempo ()

SoloChamber of Industry and Commerce German-Indonesia (Perkumpulan Ekonomi Jerman-Indonesia) melirik Kota Solo untuk menjalin kerjasama di bidang pengelolaan sampah. Mereka ingin menyusun kajian strategis jangka panjang yang nantinya akan ditawarkan kepada para pemangku kepentingan di Jerman termasuk lembaga keuangan dan investor.

“Nanti kita lihat apakah ada investor yang tertarik,” kata Market Research and Development Advisor Chamber of Industry and Commerce German-Indonesia, Mike Neuber, Selasa (6/9).

Pemkot Solo sendiri telah menandatangani kontrak kerjasama dengan investor dalam negeri untuk mengolah sampah TPA Putri Cempo menjadi energi listrik. Mike mengaku tahu adanya kerjasama tersebut. Namun menurutnya tawaran pihak Jerman bisa menjadi solusi jika kerjasama yang baru diteken 17 Agustus lalu itu gagal di tengah jalan.

“Di Jakarta juga sudah ada kerja sama dan sudah ada pihak ketiga yang mengerjakan. Sudah direncanakan sejak lama juga. Tapi masih gagal,” lanjut dia.

Ia menambahkan pengelolaan sampah ini merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup Jerman. Pihaknya berinisiatif menjajaki delapan negara termasuk Indonesia. Di Indonesia ada tujuh kota yang dilirik yaitu Surakarta, Lampung, Tasikmalaya, Banjarmasin, Samarinda, Manado, dan Surabaya.

Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo menyambut baik tawaran tersebut. Hanya saja saat ini Pemkot sudah menjalin kerjasama dengan investor lain. Meski demikian ia tidak mempermasalahkan masuknya pemain baru di bidang pengelolaan sampah di Solo. Terlebih lagi, pihak Jerman baru sebatas menjajaki potensi dan pengumpulan data.

“Investor yang sekarang ini kan sudah jalan. Mau bagaimana lagi? Tapi kita juga tidak tahu ke depan seperti apa,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge