0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelaku Bisnis Rotan Siap Bidik Pasar Domestik

timlo.net/setyo pujis
Ketua Klaster Rotan Trangsan, Mujiman (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Para pelaku bisnis rotan siap membidik pasar domestik untuk meningkatkan penjualan. Hal itu dilakukan, karena kondisi pasar ekspor sedang tidak stabil akibat dari lesunya perekonomian dunia.

“Jika dibanding dengan saat jaya-jayanya dulu, permintaan kerajinan rotan saat ini turun drastis. Dulu sebulan bisa menjual 400-500 kontainer, sekarang maksimal paling 100 kontainer,” ujar Ketua Klaster Rotan Trangsan, Mujiman kepada wartawan, Selasa (6/9).

Oleh karena itu, dirinya mengatakan upaya untuk melakukan penetrasi  pasar terus ditingkatkan. Salah satunya dengan memaksimalkan potensi lokal. Pasalnya pasar lokal sebenarnya tidak kalah besar, jika dibanding dengan ekspor.

“Hanya saja karena selama ini masalahnya masih kepada kesadaran masyarakat dan dorongan dari pemerintah. Misalkan semua instansi dan perusahaan yang ada di pasar domestik menggunakan mebel dari kerajinan rotan, tentu permintaannya jauh lebih tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Ekonomi Bappeda Sukoharjo Putri Tri Murwani dalam kesempatan yang sama menyampaikan, untuk menggenjot penjualan rotan dari para pengrajin yang ada di daerahnya, upaya melalui kebijakan, regulasi dan anggaran saat ini sudah mulai disiapkan.

“Termasuk kita juga akan membuat desa wisata rotan di Trangsan. Tujuannya agar dapat meningkatkan daya saing dan menggenjot permintaan pasar yang sedang lesu,” terangnya.

Melalui desa wisata itu, menurutnya akan dikonsep dengan berbagai paket menarik. Mulai paket edukasi, industri maupun kuliner. Dengan harapan, melalui upaya itu akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge