0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mobil Sampah Pintar, Operator Tak Bisa Lagi Leyeh-Leyeh

Lurah Ketelan, Evi Mahanani A, menyerahkan potongan nasi kuning pada perwakilan Operator Mobil Sampah, Selasa (6/9) (timlo.net/angel rose)

Solo — Mobil pengangkut sampah di Kelurahan Ketelan, Kecamatan Banjarsari, kini dilengkapi aplikasi pemantau berbasis GPS (Global Positioning System). Mulai Rabu (7/9) besok pukul 05.00 WIB, pergerakan mobil yang berfungsi sebagai Tempat Penampungan Sementara keliling itu akan terpantau secara real time.

Menanggapi kebijakan tersebut, sejumlah operator mobil sampah yang turut hadir dalam peluncuran di kantor Kelurahan Ketelan mengaku tak ambil pusing.

“Tak ada masalah mengenai sistem baru ini. Selama ini kami bekerja juga sesuai peraturan, tak pernah macam-macam,” kata salah seorang operator mobil sampah, Sartono, Selasa (6/9).

Sartono tak pernah menyalahgunakan fasilitas melalui sistem GPS tersebut. Misalnya membawa mobil operasional pengangkutan sampah sampai ke luar kota. Namun, pria yang telah mengabdi sebagai operator selama 25 tahun ini, merasa tetap harus waspada. Karena mulai sekarang pergerakan mobil sampah terpantau langsung oleh Kepala Kelurahan Kestelan. Dirinya mesti lebih disiplin dalam bekerja.

“Kalau dulu masih bisa santai, telat sedikit masih bisa,” lanjut dia

Lurah Ketelan, Evi Mahanani A, menunjukan aplikasi TPS Pintar (timlo.net/angel rose)

Lurah Ketelan, Evi Mahanani A, menunjukan aplikasi TPS Pintar (timlo.net/angel rose)

Dengan menggunakan aplikasi TPS Pintar, Kepala Kelurahan Kestelan, Evi Mahanani A, bisa memantau keberadaan mobil pengangkut sampah langsung dari ponselnya. Sehingga, tingkat kedisiplinan petugas, rute yang dilewati dan kecepatan mobil bisa terlihat.

“Pemantauan kita lakukan satu arah, jadi petugas (operator) sampah tak perlu melaporkan apa-apa,” jelas Lurah Evi.

Dia berharap, dengan pantauan TPS Pintar, tidak akan terjadi keterlambatan pengambilan sampah. Atau kejadian, sampah berceceran di jalan karena operator yang mengemudikan mobil terlalu kencang. Saat ini, Aplikasi TPS Pintar sudah bisa didownload di Play Store Android atau IOS secara gratis, dengan nama GPS ID. Ke depannya, bila project ini dinilai berhasil, Pemerintah Kota Surakarta bersama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) akan menerapkannya di 50 Kelurahan.

Editor : Ari Kristyono

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge