0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TPS Pintar Pantau Sampah Sampai ke TPA

dok.timlo.net/angel rose
Peluncuran aplikasi TPS Pintar (dok.timlo.net/angel rose)

Solo — Kelurahan Ketelan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo meluncurkan Aplikasi TPS Pintar, Selasa (6/9). Kelurahan Ketelan ditunjuk sebagai pilot project penggunaan aplikasi berbasis internet ini. TPS Pintar bertujuan memudahkan memantau pergerakan mobil pengangkut sampah dengan mengandalkan GPS, yang terserver langsung dengan telepon seluler Lurah.

“Jadi saya bisa memantau langsung aktivitas mobil sampah. Dimana berhentinya dan berapa lama,” kata Kepala Kelurahan Ketelan, Solo Evi Mahanani A.

Pemerintah Kelurahan Ketelah menyediakan satu unit mobil, empat gerobak dorong dan satu gerobak motor untuk melayani pengambilan sampah di 9 RW dan 31 RT. Operasional mobil pengangkut sampah dimulai dari pukul 06.30 WIB hingga 10.30 WIB untuk hari Selasa sampai Sabtu. Sedangkan hari Senin dimulai pukul 06.30 WIB hingga 15.00 WIB.

“Dalam sehari ada dua kali rit, kecuali hari Senin yakni tiga kali rit. Karena hari Minggu libur,” imbuh Lurah Evi.

Ada tiga faktor penting yang akan dipantau melalui TPS Pintar. Pertama tingkat kedisiplinan petugas, kedua rute mobil sampah, dan yang terakhir kecepatan mobil sampah. Lurah Evi mengimbau pada pengemudi mobil sampah agar menjaga kecepatan saat dijalan.

“Jangan ngebut-ngebut, karena bisa menyebabkan sampah tercecer di jalan,” lanjut dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Jaringan Informatika dan Komunikasi Publik Dishubkominfo Solo, Taufan Redina mengatakan, apabila pilot project ini sukses nantinya akan diterapkan pula di 50 kelurahan pada tahun 2017 mendatang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge