0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadi Juara Umum, Kontingen IPSI Tanpa Dukungan Pemkab

dok.timlo.net/ist
Klaten Juara Umum Kejurda Silat Remaja (dok.timlo.net/ist)

Klaten — Kontingen Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Klaten meraih juara umum Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pencak Silat Remaja/Pelajar se-Jawa Tengah 2016. Meski menorehkan prestasi, keberangkatan para pendekar muda itu tanpa disokong dana dari Pemerintah kabupaten (Pemkab) Klaten.

“Prestasi tersebut merupakan buah dari kerja keras pada atlet dan pelatih. Mereka tidak kenal lelah untuk meraih prestasi,” ujar Ketua Pelaksana Harian IPSI Klaten, Muh Nasir, Selasa (6/9).

Pada Kejurda yang berlangsung di GOR Wisanggeni, Kota Tegal, (1-4/9) itu, IPSI Klaten mengirimkan 19 atlet terdiri dari 10 siswa SMP dan 9 SMA/SMK. Menjelang keberangkatan, tim sempat terhambat di masalah pendanaan.

Menurut dia, upaya IPSI meminta dukungan dana dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Klaten bertepuk sebelah tangan. Sebab, kejuaraan tingkat pelajar tersebut di luar kewenangan KONI. Kesulitan mendapat uluran dana juga datang dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten.

Namun begitu, terang dia, kesulitan tersebut tidak menggoyahkan semangat atlet muda Klaten. Mereka berhasil membawa pulang sembilan medali emas, dua perak, dan satu perunggu. Bahkan, Febrina Nisara Indari pesilat dari SMA Muhammadiyah 1 Klaten yang menyabet medali emas di kelas B putri juga terpilih sebagai Pesilat Terbaik Putri.

”Kami membiayai pengiriman kontingen secara mandiri. Selama ini, dinas terkait seperti tidak ada kepedulian, fasilitasi apalagi dukungan pemihakan dana. Semua didanai secara mandiri,”  terang Nasir yang juga Camat Cawas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge