0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebijakan Tax Amnesty Gairahkan Perdagangan Bursa Efek

merdeka.com
ilustrasi bursa saham (merdeka.com)

Timlo.net – Program pengampunan pajak (tax amnesty) diklaim telah membawa angin segar bagi pasar modal Indonesia. Hal ini terlihat dari meningkatnya nilai transaksi harian hingga frekuensi perdagangan di bursa efek.

“Aktivitas perdagangan mencapai Rp 7 triliun-Rp 8 triliun per hari, lebih tinggi dibandingkan awal tahun 2016 yang hanya mencapai Rp 5 triliun per hari. Frekuensi perdagangan juga telah mencapai 377 ribu kali pada Juli lalu. Jumlah ini memecahkan rekor transaksi sebesar 373 ribu kali pada 2014 lalu,” kata Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hamdi Hassyarbaini, Selasa (6/9).

Hamdi melihat, program pemerintah ini juga telah memiliki kepastian hukum sehingga semakin menyakinkan para investor untuk menanamkan modal di dalam negeri.

“Pernah dilaksanakan (tax amnesty) pada 1964, 1984, 2008 namun tidak berjalan lancar sesuai harapan. Tetapi tahun ini (tax amnesty) ada kepastian hukum,” jelas Hamdi.

Sementara pada kesempatan sama, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Hadad menambahkan program ini dapat memperpanjang investasi para investor di pasar modal.

“Banyak investasi seperti reksadana dan lainnya yang bisa dimanfaatkan. Sehingga pasar modal kota lebih kondusif. Saya kita ini harus secara lebih serius kita kembangkan,” katanya.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge