0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ahok Sebut Petahana Tak Harus Cuti Selama Empat Bulan

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Presiden Joko Widodo dan DPR RI memiliki pandangan sama terhadap uji materi atau judicial review yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama terkait keharusan cuti petahana dalam Undang-undang Pilkada. Legislatif dan eksekutif bersikeras, keharusan cuti selama kampanye harus tetap dijalankan.

Basuki atau akrab disapa Ahok menjelaskan, tidak pernah mengajukan permohonan uji materi agar bebas tidak cuti selama kampanye. Melainkan, adanya keleluasaan agar petahana dapat tetap bekerja, dan menentukan cuti kampanyenya sendiri.

“Saya hanya memprotes cutinya itu tidak masuk akal sampai hampir 4 bulan. Itu yang tidak masuk akal. Karena dulu kampanyenya hanya dua minggu. Sekarang kalau empat bulan enggak masuk akal. Sekarang kalau kami menyalahgunakan wewenang ya pakai Bawaslu dong,” katanya di Gedung MK, Jakarta, Senin (5/9).

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengungkapkan, kekhawatiran petahana akan menggunakan wewenangnya untuk kepentingan pemenangan terlalu berlebihan. Sebab tidak menutup kemungkinan tahun-tahun sebelum dilakukan kampanye sang kepala daerah telah menggunakannya agar dapat kembali terpilih.

“Kalau menyalahgunakan wewenang dari tahun ke tahun juga bisa menyalahgunakan wewenang namanya juga petahana. Kalau gitu kenapa enggak petahana tidur aja enggak usah kerja,” ujarnya.

Ahok menjelaskan, dalam pengajuan uji materi Pasal 70 Ayat 3 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada hanya ingin agar cuti tidak harus dilakukan selama empat bulan penuh. Agar dirinya tetap dapat melakukan pengawasan terhadap pembahasan RAPBD 2017.

“Itu (pemotongan cuti) yang saya maksudkan. Bukan mengatakan dia membias, bukan seolah-olah saya orang yang ingin menuntut kalau kampanye itu saya boleh on off. Saya hanya protes kelamaan, itu empat bulan,” ujarnya.

[dan]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge