0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanah Amblas, Warga Diminta Waspada

timlo.net/tarmuji
Fenomena tanah amblas di Kecamatan Giritontro (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Peristiwa tanah amblas membuat gempar warga Kecamatan Giritontro, Wonogiri. Tanah amblas itu berada di sebuah ladang milik warga, dengan diameter lima meter dan dengan kedalaman sekitar lima meter. Hingga saat ini, penyebab amblasnya tanah tersebut belum banyak diketahui.

“Penyebabnya belum tahu, tapi tiba-tiba saja tanah itu amblas menyerupai kubangan. Padahal, tahun-tahun sebelumnya tidak ada fenomena seperti ini mas,” ungkap warga Giritontro, Pardi, Senin (5/9).

Kapolsek Giritontro AKP Dirodo mengatakan, tanah amblas tersebut terjadi di Dusun Gedangan Desa Ngargoharjo Kecamatan Giritontro di lahan pertanian milik Nyono (62) warga Dusun Ngasem RT 2/RW 4 Desa Ngargoharjo. Diduga, fenomena alam tersebut terjadi lantaran adanya rongga di bawah tanah yang mengalami pergeseran.

“Amblasnya tanah dimungkinkan karena rongga tanah dan di sekitar lokasi tersebut terdapat sumber air, sehingga masih terdapat air tampungan hujan yang belum terserap” terangnya.

Pihaknya kemudian memberikan himbauan kepada warga masyarakat sekitar melalui perangkat desa setempat agar tidak beraktifitas di sekitar lokasi. Selain itu warga diminta untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dengan adanya fenomena tersebut.

“Apabila ada temuan yang serupa, mengingat curah hujan yang tidak menentu pada akhir-akhir ini, saya mohon warga segera melapor,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge