0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Benyamin Sueb di Mata Rizal Ramli

merdeka.com
Rizal Ramli ziarah ke makam Benyamin Sueb (merdeka.com)

Timlo.net – Mantan Menko Maritim Rizal Ramli kagum dengan figur Benyamin Sueb. Rizal Ramli menyempatkan diri untuk ziarah ke makam Benyamin di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat di haul yang ke-21 seniman betawi tersebut. Bagi Rizal, komedian legendaris itu merupakan sosok sederhana.

“Dari kuburan saja kita lihat, bahwa bang Benyamin sangat sederhana sekali. Bang Benyamin kalau di kubur sangat sederhana, Bang Benyamin kalo di film ketawanya polos sekali, ketawanya polos dan lepas sesuai dengan hatinya,” kata Rizal, Senin (5/9).

Benyamin, menurut Rizal, merupakan tokoh sangat luar biasa. Selama berkarir, Benyamin juga memiliki cita-cita membangun DKI Jakarta ke arah lebih baik. Menurut Rizal, keinginan Benyamin kini sudah diteruskan Bim Benyamin. Sebagai anak komedian, Bim juga dikenal politisi asal Partai Gerindra. Dalam ziarah ini, Rizal juga didampingi Bim.

“Bang Bim Sueb sudah teruskan cita-cita Bang Benyamin ke Jakarta yang lebih baik. Sehari hidup di Jakarta sudah susah, rakyat kita harus di kasih sesuatu yang asyik. Jakarta kan pusat ibukota, jangan mal-malnya doang, tapi kebudayaannya juga dan saya apresiasinya luar biasa,” ungkapnya.

Bim mengakui bahwa sosok ayahnya memang sederhana. Saking sederhananya, Bim menceritakan bahwa Benyamin telah agar makamnya nanti sama rata dengan tanah.

“Memang almarhum berpesan agar di rata saja (makam), jangan dibikin gundukan atau rumah. Bukan keluarga tidak peduli, memang keinginan almarhum seperti itu. Sesuai sunnah hanya di taruh dengan nisan. Sudah 21 tahun beliau tidak ada, tapi karyanya masih diminati,” tutur Bim.

Keluarga, kata Bim, sebenarnya sudah bersyukur nama ayahnya sudah dijadikan nama jalan di wilayah Kemayoran, Jakarta Pusat. Meski begitu, dia tetap berharap ke depannya Benyamin dibuatkan museum khusus.

“Selaku keluarga kami sangat bersyukur almarhum juga di beri nama jalan di Kemayoran. Mudah-mudahan ada museumnya juga, mudah-mudahan Pak Rizal jadi kepala daerah, jadi dibikinkan museum juga,” ucapnya.

Mendengar harapan itu, Rizal merasa bahwa usulan itu menarik. Apalagi tujuan museum diharapkan bisa menginspirasi anak muda.

“Saya kira pantas cita-cita yang mulia, supaya kita bangun museum bang Benyamin di tempat kelahirannya. Supaya menginspirasi anak muda,” ucap Rizal.

Diketahui, telah 21 tahun tokoh komedian Betawi Benyamin Sueb meninggalkan dunia seni peran akibat serangan jantung. Tepatnya pada tanggal 5 September 1995. Berita duka meninggalnya Benyamin menyebar ke seluruh negeri. Berita duka ini utamanya sangat menusuk warga ibu kota Jakarta kala itu.

[ang]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge