0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Fasilitas Parkir Ala Berbintang Masuk Pasar Gede

dok.timlo.net
Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedrajat (dok.timlo.net)

Solo — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Solo akan menerapkan Valet Parking di Kota Bengawan. Untuk tahap awal, metode parkir yang umum ditemui di mal-mal dan hotel berbintang itu akan diuji coba di Pasar Gede.

“SOP (Standard Operational Procedure – Red) sudah saya tanda tangani. Dalam waktu dekat akan kita terapkan,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Sudrajat ketika ditemui wartawan, Minggu (4/9).

Valet parking sendiri sebenarnya sudah dijalankan pengelola parkir Pasar Gede  secara tidak resmi. Namun selama ini mereka belum berani melayani pelanggan bermobil. Yosca mengakui hal tersebut terjadi karena adanya permintaan dari masyarakat yang tidak mau repot memarkir motor di lahan parkir yang relatif jauh dari pintu masuk. Di sisi lain, juru parkir juga membutuhkan tambahan pemasukan.

“Makanya ini kita buat SOP supaya mobil juga bisa dilayani,” kata dia.

Ia menambahkan, nantinya penerapan valet parking di Pasar Gede juga akan dilengkapi petugas keamanan untuk mengantisipasi kendaraan yang hilang. Selain itu, petugas keamanan tambahan itu juga diharapkan dapat memberi rasa nyaman bagi pengguna jasa parkir.

“Nanti kalau ada yang hilang ditanggung bersama,” kata dia.

Terkait tarif, ia mengatakan pengguna jasa valet parking akan dikenai biaya tambahan di luar tarif parkir. Pasalnya, valet merupakan jasa tambahan.

“Mereka (juru parkir) kan ada tambahan pekerjaan dan tanggung jawab dengan Valet Parking ini,” kata dia tanpa menyebut nilai yang dimaksud.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge