0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

“Kecelakaan Karambol” di Jalan Ronggowarsito Puluhan Tenaga Medis Diterjunkan

timlo.net/ichsan rosyid
Peserta simulasi menangani ibu-ibu hamil yang terlibart dalam kecelakaan karambol (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Suasana di Jalan Ronggowarsito tepatnya depan Taman Putra, mendadak mencekam. Kecelakaan karambol baru saja terjadi melibatkan dua mobil dan tiga kendaraan bermotor. Sejurus kemudian, dua ledakan keras terdengar disusul kepulan asap dari beberapa titik.

Salah satu penumpang mobil keluar dan menjerit histeris. Banyak di antara keluarganya yang terluka parah masih terjebak di dalam, sebagian tak sadarkan diri. Sementar di luar, korban luka-luka bergelimpangan merintih kesakitan. Total korban mencapai 20 orang. Kurang lebih seperti itulah gambaran situasi yang dihadapi para peserta simulasi penanganan kecelakaan lalu lintas massal, Minggu (4/9).

“Latihan ini bertujuan agar peserta siap bertugas ketika ada kejadian. Makanya dalam simulasi ini kita buat semirip mungkin dengan keadaan riil,” kata Ketua Tim Code Blue RS PKU Solo, Dien Kalbu Ady di sela-sela kegiatan.

Selama simulasi, puluhan peserta dihadapkan dengan berbagai kasus trauma yang umum didapati dalam kecelakaan lalu lintas seperti patah tulang, perdarahan, luka tusuk, serta luka terbuka. Targetnya, peserta bisa menyelamatkan nyawa korban semaksimal mungkin.

Dari pengamatan Timlo.net, sebagaian peserta tampak masih panik menghadapi banyak korban sekaligus. Adanya korban yang histeris semakin menambah kacau suasana.

“Untuk tim ini, memang baru pertama kali ini mengikuti simulasi. Secara teknis mereka sudah menguasai. Hanya kurang koordinasi saja,” kata Dien.

Kegiatan simulasi diikuti oleh enam rumah sakit dari berbagai daerah dengan total peserta sebanyak 82. Peserta terbanyak dari PKU Muhammadiyah Solo dengan 63 tenaga medis yang berpartisipasi dalam kegiatan itu. Selebihnya merupakan tenaga medis dari RS PKU Cepu, Delangu, RS Nirmala Suri Sukoharjo, RS dr Oen Solobaru, Klinik Aisyiyah Sragen, RS Jati Husada Karanganyar, dan RS Kustati Solo.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge