0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Agustus 2016, Deflasi Mencapai 0,25 persen

Ilustrasi (dok.merdeka.com)

Solo – Perkembangan harga berbagai komoditas, pada Agustus 2016 secara umum menunjukan adanya penurunan. Bahkan dari hasil pantauan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), kota Solo mengalami deflasi 0,25 persen.

“Dari tujuh kelompok pengeluaran konsumsi yang dihitung IHK nya, tiga diantaranya mengalami penurunan,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Sabtu (3/9).

Dirinya mengatakan, tiga kelompok yang mengalami penurunan harga sehingga memberikan andil terhadap laju deflasi tersebut diantaranya adalah kelompok bahan makanan turun 0,93 persen, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau turun 0,09 persen dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan turun 1,52 persen.

“Komoditas tertinggi penyumbang deflasi adalah angkutan udara, yatu menyumbang 0,18 persen, kemudian disusul daging ayam ras sebesar 0,11 persen dan gula pasir 0,1 persen,” jelasnya.

Tidak hanya Solo, ia juga mengaku semua kota yang dilakukan pemantauan menunjukan bahwa semua kota di Jawa Tengah mengalami kondisi serupa. Sedangkan deflasi terbesar terjadi pada kota Purwokerto, yaitu sebesar 0,51 persen.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge