0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rektor UNS : Keberhasilan Bukan Ditentukan Kepandaian

Wisuda Program Pascasarjana, PPDS dan Sarjana, di Kampus UNS, Kentingan Solo, Sabtu (3/9). (foto: Tyo Eka)

Solo – Rektor Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS menyatakan, penelitian menunjukkan keberhasilan seseorang bukan ditentukan oleh kepandaian yang dipunyai, tetapi oleh faktor lainnya yang sangat penting. Tingkat kecerdasan cuma menyumbang sekitar 20-30 persen keberhasilan, selebihnya ditentukan soft skills.

“Penelitian National Association of Colleges and Employers (NACE) pada tahun 2005 menunjukkan hal itu, dimana pengguna tenaga kerja membutuhkan keahlian kerja berupa 82 persen soft skills dan 18 persen hard skils,” ujar Ravik saat menyampaikan sambutan pada acara Wisuda Program Pascasarjana, PPDS dan Sarjana, di Kampus UNS, Sabtu (3/9).

Menurut Rektor UNS, soft skills ialah tingkah laku personal.dan interpersonal yang bisa mengembangkan dan memaksimalkan kinerja seseorang manusia, misal pelatihan, pengembangan kerja sama tim, inisiatif, pengambilan keputusan dan lain-lain.

“Kemampuan soft skills tercermin dalam perilaku seseorang yang memiliki kepribadian, sikap dan perilaku yang dapat diterima dalam kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.

Ravik mengatakan, kampus telah memberi wadah dan membekali kalian selama ini. Tidak hanya ilmu namun juga softskills dalam berbagai bidang. Termasuk kemampuan kewirausahaan sekaligus prakteknya.

“Kami berharap dengan berbagai bekal tersebut, para lulusan UNS diharapkan mempunyai kemauan dan kemampuan yang memadai, sehingga tidak berasa kebingungan ketika harus memasuki pasaran kerja,” kata Rektor UNS.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge