0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SIM-POKTAN Bikin Bantuan Petani Tepat Sasaran

dok.timlo.net/agung widodo
Launching SIM-POKTAN oleh Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Badan Pelaksana Penyuluhan (Bappeluh) Kabupaten Sragen melaunching Sistem Informasi Manajemen-Kelompok Tani (SIM-POKTAN). Sistem ini diharapkan bisa mengantisipasi adanya salah sasaran dalam pemberian bantuan kepada Kelompok Tani (Poktan),

“Tujuan program SIM-POKTAN adalah mempermudah akses data-data tekait informasi kelompok tani seperti data petani hutan, data petani ikan, kelompok ternak, kebutuhan pupuk dan lainnya,” kata Kepala Bapeluh Sragen, M Djazairi.

Launching SIM-POKTAN sendiri dilakukan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen, Jumat (2/9).

Kabid Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia Bappeluh  Sragen, Dwi Astuti menjelaskan, program SIM-POKTAN juga bertujuan agar dinas terkait yang akan memberikan bantuan tepat sasaran pada kelompok tani yang berhak.

Dengan mengakses website simpoktan.sragenkab.go.id, akan kelihatan secara online data-data terkait Poktan atau gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang telah atau belum menerima bantuan dari pemerintah.

Dwi mengatakan, Sragen telah memliki 1.328 Poktan yang telah dikukuhkan pada tahun 2014. Pengukuhan poktan dilaksanakan tiga tahun sekali. Semua data terkait ke-1328 Poktan tersebut sudah tertera dalam website per kecamatan.

“Setiap kecamatan memiliki satu admin yang bertugas memberikan informasi dan menjawab pertanyaan terkait Poktan di wilayahnya,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge