0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Elon Musk: Bukan Ledakan yang Hancurkan Roket SpaceX

Dok: Timlo.net/ ChicagoTribune.com
Roket SpaceX meledak. (Dok: Timlo.net/ ChicagoTribune.com)

Timlo.net—Kamis, 1 September salah satu roket Falcon 9 milik SpaceX terbakar, sehingga turut menghancurkan satelit komunikasi di dalamnya. Tapi menurut sang pendiri SpaceX Elon Musk, bukan ledakan yang menghancurkan roket itu, tapi api yang cepat menjalar.

“Ya. Sepertinya hal ini instan tapi dari sebuah perspektif manusia, tapi yang terjadi adalah api yang cepat menjalar bukan sebuah ledakan. Dragon seharusnya tidak rusak,” jawab Elon saat seorang pengguna Twitter bertanya jika kapsul penyelamat Dragon di roket itu selamat.

Dalam roket ciptaan SpaceX ada kapsul penyelamat disebut Dragon.Kapsul ini diperkirakan cukup kuat untuk bertahan dari ledakan besar. SpaceX telah menguji ketangguhan tabung ini sebagai fitur keselamatan jika mereka mengadakan misi dengan awak manusia di dalamnya, misalnya dalam misi menuju Mars. Awak manusia akan ditempatkan di dalam kapsul itu. Jika ada kegagalan saat peluncuran, SpaceX berkata kapsul itu akan dilepaskan serupa dengan cara kursi pilot pesawat tempur dilepaskan ke udara. Bedanya awak manusia dalam roket berada dan dilindungi oleh kapsul itu.

SpaceX sendiri sudah menguji bagaimana kapsul itu dilemparkan dari dalam roket. Perusahaan itu diperkirakan juga melihat data dari api yang membakar roket mereka untuk melihat jika kapsul itu bisa bekerja untuk melindungi kru.

Sumber: Gizmodo.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge