0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

70 Persen dari Calon Haji Memiliki Resiko Tinggi

Calon jamaah haji (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali – Jamaah calon haji yang berangkat dari Embarkasi Solo banyak yang dirujuk ke rumah sakit. Bahkan beberapa diantaranya terpaksa harus ditunda keberangkatnnya, karena kondisinya yang tidak memungkinkan untuk berangkat ke Tanah Suci.

“Dari kloter pertama hingga kloter 65 saat ini, kurang lebih sudah ada 239 jamaah yang kita rujuk ke rumah sakit. Sedangkan 22 diantaranya ditunda keberangkatannya karena alasan medis,” ujar koordinator pemeriksaan kesehatan PPIH Embarkasi Solo, Arqiu Aminuzzab kepada wartawan, Jumat (2/9).

Dirinya mengatakan, tingginya jumlah jamaah yang dirujuk tersebut karena mayoritas calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci berusia tua. Bahkan dari data yang ada, sekitar 70 persen dari total jamaah memiliki resiko tinggi (resti).

“Penyakit yang diderita oleh para jamaah calon haji ini bervariasi. Mulai dari Jantung, kolesterol, hipertensi dan gula,” jelasnya.

Arqiu menilai, banyaknya jamaah calon haji yang memiliki resiko tinggi karena disebabkan beberapa faktor. Mulai dari tingkat kesadaran terhadap kesehatan yang rendah, pendidikan, usia dan juga proses antrian yang terlalu lama.

“Apalagi ada sebagian yang beranggapan jika meninggal di Tanah Suci sekalipun sudah siap. Cara berfikir seperti ini tentu menjadi masalah tersendiri yang harus dipikirkan pemerintah kedepannya,” tandas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge