0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kelangkaan Pertalite Disebabkan Distribusi yang Terhambat

dok.merdeka.com
Pertalite (dok.merdeka.com)

Solo – Faktor distribusi menjadi salah satu faktor utama penyebab minimnya pasokan  bahan bakar minyak jenis Pertalite disejumlah SPBU. Menyikapi kondisi itu, Pertamina sendiri belum dapat memastikan kapan pasokan akan dapat kembali normal.

“Kita sendiri belum dapat memastikan kapan pasokan pertalite bisa normal. Mengingat untuk pertalite,  sebagian kita ada yang impor dari luar negeri,” ujar Officer External and Media Relation Pertamina MOR IV Jateng, Muslim D saat dihubungi Timlo.net, Jumat (2/9).

Selain karena proses distribusi yang terhambat, dirinya mengatakan kelangkaan barang juga terjadi karena  tingkat konsumsi masyarakat yang menggunakan jenis bahan bakar tersebut terjadi peningkatan secara signifikan atau sekitar 300 persen. Sehingga hal itu diluar dari ekspektasi pihak Pertamina selama ini.

“Konsumsi pertalite secara nasional itu rata-rata perhari tembus 1.500 kilo liter. Padahal kebutuhan yang dapat dipenuhi dalam negeri hanya sekitar 800-900 kilo liter. Oleh karena itu, sisanya terpaksa kita harus impor,” jelasnya.

Karena kondisi itu, hasil pantauan di lapangan disejumlah SPBU untuk wilayah Solo sempat terjadi kelangkaan. Mengingat pasokan yang ada tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge