0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mbolos, Delapan Siswa SMK Digaruk Satpol PP

Sejumlah siswa didata di Kantor Satpol PP Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Petugas Satpol PP Karanganyar mengamankan delapan siswa yang kedapatan sedang nongkrong di sebuah warung. Padahal, saat itu sedang jam belajar.

“Mereka sedang nongkrong di sebuah warung di  di Nayan, Desa Wonolopo, Kecamatan Tasikmadu,” kata Kepala Satpol PP Karanganyar Kurniadi Maulato, Jumat (2/9).

Petugas yang sedang menggelar patroli rutin kebetulan mendapati lokasi nongkrong itu penuh siwa. Saat dilakukan penggerebegan, gerombolan siswa langsung kocar-kacir. Beberapa siswa berhasil lolos. Sementara delapan siswa berhasil diamankan.

“Siswa yang mayoritas dari kelas XI berbagai SMK swasta ini diamankan ke kantor Satpol PP,” kata Kurniadi.

Mereka mendapat pembinaan dengan diminta membuat surat pernyataan. Selain itu, petugas Satpol PP juga memanggil guru pihak sekolah bersangkutan.

“Dalam sebulan terakhir sebanyak 50 siswa bolos dijaring. Mereka tersebar di berbagai daerah di Karanganyar . Seperti halnya di kawasan Alun-alun Karanganyar, Waduk Delingan, sejumlah warung di Kota Karanganyar,” kata Kurniadi.

Dijelasksan, operasi pelajar bolos merupakan upaya untuk menjaga ketertiban dimasyarakat. Hal itu tertuang dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang bertugas menjaga ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

”Atas dasar itu, operasi pekat terus digelar diantaranya menyasar pelajar,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge