0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

OJK Dorong BPR Ikut Perangi Rentenir

Kepala OJK Solo, Laksono Dwionggo (timlo.net/setyo pujis)

Solo — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo mendorong agar Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Soloraya dapat melakukan inovasi produk. Dengan harapan, melalui inovasi itu bisa meningkatkan kesejahteraan dan dapat meminimalisir aksi dari para rentenir yang sering merugikan masyarakat.

“Untuk mengoptimalkan inklusi keuangan masyarakat, kita terus melakukan upaya sosialisasi. Termasuk mendorong agar perbankan dan BPR bisa menciptakan inovasi produk. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Bank Solo,” ujar Kepala OJK Solo, Laksono Dwi Onggo kepada wartawan, Jumat (2/9).

Dikatakan, program yang diluncurkan Bank Solo untuk memerangi para rentenir saat ini cukup bagus. Karena selain memberikan tawaran bunga murah, juga menyasar para pedagang yang ada di pasar.

“Program yang digulirkan Bank Solo ini pantas untuk diapresiasi. Karena dengan produk pembiayaan yang hanya mematok suku bunga tiga persen pertahun, dan plafon maksimal Rp 2 juta itu saya kira  cukup efektif untuk dapat mempersempit ruang gerak dari para rentenir,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan agar BPR dapat menekan angka NPL atau kredit macet. Mengingat untuk saat ini kondisi ekonomi masih cukup lesu dan daya beli masyarakat masih belum stabil.

“Baiknya memang untuk NPL bisa ditekan dan pembiayaan bisa lebih digenjot lagi. Karena potensi kredit di Solo ini besar, sehingga perlu dimaksimalkan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge