0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aktivasi KIP, Pendaftar Paling Awal Harus Diprioritaskan

Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo, Hartanti (dok.timlo.net/achmad khalikj)

Solo – Komisi IV DPRD Kota Solo mendorong supaya aktivasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) diprioritaskan bagi pendaftar paling awal. Ini dilakukan, setelah adanya perpanjangan pengambilan data di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah hingga akhir September mendatang.

“Berdasarkan skala prioritas saja. Yang sudah oke bisa lanjut. Kalau ada pendaftar baru kan bisa disusulkan,” terang Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo, Hartanti, Jumat (2/9).

Menurut politisi PDI Perjuangan tersebut, jika aktivasi dan pencairan dana dari KIP tertunda maka akan merugikan masyarakat yang telah lama mendaftarkan diri. apalagi, mereka juga telah lama menanti pencairan dana tersebut.

Hartanti mengaku, mekanisme yang ada membuat siswa kesulitan untuk melakukan aktivasi. Di sisi lain, masa sosialisasi pun terbilang singkat. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) juga ‘bergerak’ baru seminggu terakhir ini.

“Setelah diberitahu dari Dinas, kepala sekolah juga butuh waktu untuk menunjuk operator. Nah dari rentetan inilah waktu yang dibutuhkan sangat singkat,” jelasnya.

Dengan diperpanjangnya masa pengumpulan data, lanjut Hartanti, diharapkan dapat dimaksimalkan sebaik mungkin. Hanya, masih ada celah dari persyaratan surat keterangan miskin dari kelurahan yang bertentangan dari aturan Perda.

“Tentu yang kita inginkan tentu semua warga miskin bisa mendapatkan KIP,” terangnya.

Sebelumnya, pengumpulan data pendaftar KIP dibatasi hingga 31 Agustus 2016. Namun, lantaran terdapat sejumlah persoalan persyaratan dan minimnya sosialisasi membuat data yang terhimpun tak maksimal.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge