0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

14 Kopertis Bahas Peran Lembaga Layanan Dikti

Suasana Rakor Kopertis se Indonesia (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Selama empat hari, 1 – 4 September 2016, sebanyak 14 Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) membahas peran Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (Dikti), di Solo.

“Kegiatan tersebut merupakan Rapat Koordinasi Koordinator dan Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah I – XIV, dengan tema Formula, Kewenangan dan Penguatan Peran Lembaga Layanan Dikti Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Tinggi,” jelas Humas Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Widodo kepada Timlo.net, di sela-sela kegiatan, Jumat (2/9).

Dalam rapat koordinasi kali ini, menurut Widodo, diantara yang dibahas adalah isu-isu yang terkait penyelenggaraan Kopertis di masing-masing wilayah. Hasilnya akan dibahas selanjutnya di Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Selain yang terkait isu di wilayah masing-masing, menurut Widodo, ada  hal yang secara umum dibahas. Seperti revitalisasi perguruan tinggi yang berisi moratorium perguruan tinggi dan perubahan Kopertis menjadi L2Dikti yang paling lambat akhir tahun 2016 ini.

“Seperti juga perguruan tinggi yang kurang sehat, yang mahasiswanya d ibawah 50 orang disarankan untuk merger. Apalagi akreditasinya C. Karena dianggap oleh pemerintah tidak bisa berkembang,” jelasnya.

Menurut Widodo, L2Dikti nantinya merupakan kepanjangan Kemenristekdikti. Kebijakan yang membuat di pusat, sedang aplikasinya adalah L2Dikti. Apalagi keberadaan L2Dikti sudah ditetapkan sesuai undang-undang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge