0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Virus Zika, Bandara Dipasang Thermal Scanner

timlo.net/setyo pujis
Alat pemindai suhu tubuh, thermal scanner yang dipasang di Bandara Adi Sumarmo (timlo.net/setyo pujis)

Boyolali – Bandara Internasional Adi Sumarmo meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat thermal scanner dipintu kedatangan penumpang. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Zika, yang sekarang ini kasusnya marak terjadi di Singapura.

“Melalui alat thermal scanner ini, kita bisa melakukan pendeteksian suhu tubuh para penumpang. Sehingga jika ditemukan ada indikasi dari penyebaran virus tersebut bisa segera ditangani oleh petugas yang bersiaga,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang, Priyagung Adi Bawono kepada wartawan, Kamis (1/9).

Salah satu gejala yang dapat dicurigai, bahwa seseorang tersebut terjangkit virus Zika, menurutnya adalah suhu tubuhnya mengalami panas tinggi dan matanya terlihat memerah. Untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran virus itu, pihaknya telah menyiagakan para petugas, termasuk sarana dan prasarana yang dimiliki.

“Kurang lebih ada delapan petugas yang saat ini akan kita stanby kan disini untuk memantau alat yang dipasang. Namun nanti saat ada kepulangan jamaah haji, petugas akan kita tambah lebih banyak lagi,” jelasnya.

Selain memasang alat pemindai suhu tubuh, pihaknya juga mengaku telah meningkatkan koordinasi dengan berbagai Rumah Sakit disekitar bandara. Tujuannya jika ditemukan kasus tersebut bisa segera ditangani, sehingga tidak menyebar ke orang lain.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge