0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kriminolog: Jessica Termasuk Tipe Kurang Percaya Diri

merdeka.com
Jessica Kumala Wongso (merdeka.com)

Timlo.net – Kriminolog, Prof Ronny Nitibaskara bersaksi pada sidang kasus kematian Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di PN Jakarta Pusat, Kamis (1/9). Dia membeberkan hasil fisiognomi atau ilmu membaca karakter lewat wajah terhadap terdakwa. Menurut Ronny, dilihat dari wajah Jessica merupakan tipikal orang tidak percaya diri.

“Dari wajahnya Jessica termasuk tipe kurang percaya diri dan membangun harga dirinya dengan pengetahuan, cenderung belajar kembali sebelum melakukan hal baru,” kata Ronny.

Menurut dia, pada umumnya pembagian wajah manusia itu warisan dari orangtua termasuk wataknya. Hanya saja pembagiannya yang diagonal, begitu pun dengan Jessica.

“Jarak mata dan alis mencerminkan sifat pemikir dan selektif serta seksama dalam merespons tindakan dan pikiran,” beber Ronny.

Sementara jika dilihat dari bentuk dagu yang lancip mencirikan Jessica memiliki sifat keras kepala, tidak suka ditekan, lebih banyak menekan dan pemarah. Sehingga kata Ronny, ciri seperti itu tidak menutup kemungkinan menjadi pendendam akan tetapi ada ciri bisa melunak bila dibujuk.

“Saya menduga awalnya ada unsur psikopat tapi ini perlu diteliti kembali. Karena ada 22 ciri, tapi saya menilai ada 4 ciri dalan diri Jessica. Tapi ini perlu diteliti kembali,” kata ahli Kriminolog yang juga Penasehat Kapolri Bidang Kriminologi ini.

Dengan melihat ciri-ciri tersebut, menurut Ronny, Jessica termasuk memiliki tipe yang disebut dengan gabungan dari narsistik, emosinal yang mudah berubah-ubah. Serta memanfaatkan orang lain, memiliki kebutuhan besar untuk dicintai namun tidak suka dikritik, sensitif dan selalu melihat yang menyakiti dirinya, mengungkit luka lama.

“Understandable bisa melakukan kekerasan baik menyakiti diri sendiri maupun pada orang lain. Itu kesimpulan saya,” tandasnya.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge