0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berumur 146 Tahun, Mbah Gotho Lakukan Rekam Data e-KTP

Mbah Gotho melakukan rekam data e-KTP (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sragen melakukan rekam data elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) terhadap Sodimejo atau biasa disapa Mbah Gotho (146), warga Dukuh Segeran RT 18 Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan. Petugas Dispendukcapil mendatangi manusia tertua di Indonesia itu lantaran yang bersangkutan tidak memungkinkan datang ke kantor kecamatan.

“Ini merupakan spesial. Kami yang harus jemput bola melakukan rekam data. Itu pun tidak semua bisa dilaksanakan lantaran usia beliau memang sudah sepuh,” kata Kepala Dispendukcapil Sragen, Wahyu Lwiyanto, Kamis (1/9).

Wahyu menjelaskan, dari segi sistem rekam data, Mbah Gotho ini sebenarnya tidak bisa diakses oleh komputer. Pasalnya tahun kelahiran mbah Gotho tercatat 1870. Sedangkan sistem dimulai dari tahun 1900 hingga sekarang.

“Makanya ini kita siasati agar bisa masuk kita pakai tahun 1970 untuk Mbah Gotho ini. Tapi nanti saat dicetak kita ganti menjadi 1870. Itu agar datanya bisa masuk saja,” jelas Wahyu.

Dalam rekam data di kediaman Mbah Gotho itu, disaksikan langsung Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Wakil Bupati Dedy Endriyatno dan Dandim 0725/Sragen Letkol Inf Denny Marantika.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge