0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri Kesehatan Punya Solusi Cegah Zika Masuk ke Indonesia

Penumpang di bandara (merdeka.com)

Timlo.net – Virus Zika sudah menyebar ke wilayah Asia Tenggara. Indonesia memperketat pintu masuk seperti bandara internasional maupun pelabuhan. Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek, menyatakan yang harus diwaspadai adalah mobilitas warga negara asing (WNA) di bandara.

“Kami sudah siap. Memang ada wabah di negara tetangga (Singapura) yang sangat dekat. Tapi kita juga harus menjaga agar jangan sampai masuk ke Indonesia. Namun menjaganya gimana? Ya bandara-bandara misalnya pintu masuknya mobilisasi manusia,” ungkapnya, Kamis (1/9).

Saat ini, kata dia, sudah ditempatkan orang-orang kesehatan di bandara. Pihak bandara bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memasang alat thermo scan atau pemindai suhu pada hilir mudik orang, terutama pintu kedatangan internasional.

“Orang kesehatan kita siap. Kalau ada yang demam diperiksa suhu. Kita kalau demam diambil darah dicek dulu,” jelasnya.

Antisipasi lainnya, sudah diterbitkan travel advisory atau imbauan untuk tidak bepergian dulu ke negara yang terdeteksi zika, seperti Singapura.

“Kalau sudah ada wabah di Singapura. Kita sudah keluarkan travel advisory. Kita bukan melarang bepergian, tapi kalau enggak perlu-perlu bener kenapa ga ditunda saja,” ungkapnya.

Apalagi untuk ibu hamil, lanjut dia, itu akan sangat rentan. Virus zika yang disebarkan lewat nyamuk ini bisa membuat anaknya ketika lahir mengalami microcephaly.

“Karena ditakutkan ibu hamil ada korelasi dengan kepala kecil, penyakit saraf di sini,” jelasnya.

Dia juga berpesan agar masyarakat jaga lingkungan sehingga ada tempat yang dijadikan nyamuk untuk berkembang biak

“Kita orang kesehatan enggak bisa (matiin) nyamuk semua tapi masing-masing jaga diri. Kita mengingatkan. Bahwa penyebab Zika itu nyamuk. Sama kaya demam berdarah. Tentu sama-sama harus kita hindari nyamuk ini dengan menjaga kebersihan,” imbau dia.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge