0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sebelum Bertemu Mirna, Jessica Cemas?

merdeka.com
Jessica jalani sidang (merdeka.com)

Timlo.net – Kriminolog, Prof Ronny Nitibaskara bersaksi pada sidang kasus kematian Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di PN Jakarta Pusat, Kamis (1/9). Dia memaparkan hasil analisisnya usai melihat rekaman kamera pengintai cctv nomor 7 di Olivier Cafe.

Dalam rekaman pukul 16:25:59, Jessica duduk paling ujung setelah mengambil sesuatu di tas sembari menengok ke belakang sesaat lalu ia berpindah duduk.

“Mengibaskan rambut adalah sinyal menenangkan diri ketika berada dalam situasi dan kondisi tegang, situasi dan kondisi yang dianggap membuatnya tidak nyaman, membuatnya gelisah, cemas. Ketika seseorang berada dalam situasi kondisi di atas ia akan menyentuh bagian tubuhnya,” kata Ronny, Kamis (1/9).

Ronny melanjutkan, kemudian pada rekaman pukul 16:23:48, tangan Jessica terlihat kembali masuk ke dalam tas. Namun ahli Kriminolog yang juga Penasehat Kapolri Bidang Kriminologi ini rekaman kali ini aktivitas Jessica tak terlihat secara utuh karena tetutup.

“Gesture menghalangi ini umumnya dilakukan seseorang di depannya atau dibelakangnya untuk menyikapi suatu situasi dan kondisi yang membuatnya tidak nyaman,” kata dia.

Kemudian kedua tangan Jessica bergerak-gerak di samping kiri entah megang tas ke samping atau bagaimana. Selanjutnya Jessica pindah kembali untuk merapikan barang-barang yang ada di meja itu yang sebelumnya disingkirkan sambil mengengok-nengok.

“Ini ekspresi kecemasan,” tandasnya.

Dia menambahkan, dalam rekaman CCTV itu pun terlihat Mirna dan Jessica berpelukan namun tidak menyentuh. Hal itu menunjukkan ada jarak di antara Mirna dan Jessica.

“Perilaku nonverbal memberi jarak tersebut menunjukkan bahwa Mirna merasa tidak nyaman melakukan pertemuan dengan Jessica saat itu,” ujar dia.

“Memberi jarak tersebut merupakan bahasa tubuh, gesture atau perilau nonverbal yang menunjukkan penolakan atau dalam reaksi otak limbik merupakan proses hindari,” tandasnya.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge