0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lagi, Komplotan Penipuan Beromset Ratusan Juta Dibekuk

dok.timlo.net/achmad khalij
Kapolsek Laweyan Kompol Agus Puryadi (kiri) sedang memeriksa salah seorang anggota komplotan penipuan )baju biru) (dok.timlo.net/achmad khalij)

Solo — Jajaran Reskrim Polsek Laweyan kembali menangkap anggota komplotan penipuan beromset ratusan juta. Pelaku yang diketahui bernama Ahmad Mudofir (47) warga Jetak Baru RT02/RW15 Kelurahan Bareng Lor, Kecamatan Klaten, Kabupaten Klaten ini merupakan anggota komplotan yang diketuai oleh Heru Munadi.

“Kami lakukan pengembangan kasus setelah berhasil menangkap ketua komplotan Heru Munadi. Dari sana, kami berhasil menangkap anggota lain, bernama Is Haryanto alias Fais (59) warga Purworejo. Nah, kali ini anggota lainnya kami tangkap bernama Ahmad Mudofir,” terang Kapolsek Laweyan, Kompol Agus Puryadi, Kamis (1/9) siang.

Dari hasil pemeriksaan, Mudofir bertugas sebagai penerima barang hasil curian. Dijelaskan Kapolsek, setelah Heru dan Fais berhasil mengelabui korbannya, maka Heru memerintahkan rekan komplotannya yang lain untuk membawa mobil yang didalamnya berisi uang ratusan juta. Setelah berhasil dilarikan, barang hasil curian itu diterima oleh Mudofir untuk diamankan. Setelah dari tangan Modofir, maka barang haram curian tersebut baru akan dibagi-bagi berdasar peran masing-masing komplotan tersebut.

“Sejauh ini kami baru berhasil menangkap tiga anggota komplotan peniuan, sisanya masih kami buru untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” tandas Kapolsek.

Sementara itu, dari pengakuan tersangka, dirinya pernah bertugas menerima barang curian dari hasil penipuan yang dilakukan pelaku Heru saat mengelabui korban Yohanes di Hotel Aston dan korban Ahmad Fadli di Hotel Swiss Belinn, Solo.

“Dua kali diajak (Heru —Red), korban yang di Hotel Aston Rp 150 juta dan korban di Hotel Swiss Belinn Rp 250 juta,” akunya.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge