0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Indonesia Ingin Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

merdeka.com
PBB (merdeka.com)

Timlo.net – Indonesia kembali berkampanye untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB) untuk periode 2019-2020. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengemukakan beberapa alasan mengapa Indonesia patut berbangga menjadi salah satu anggota tidak tetap DK PBB.

“Terpilihnya suatu negara menjadi anggota tidak tetap DK PBB merupakan pengakuan dari negara-negara anggota PBB, jika negara yang ingin jadi anggota DK PBB berkontribusi terhadap perdamaian dunia,” ujar Arrmanatha Nasir, Kamis (1/9).

Tata mengatakan Indonesia berkontribusi cukup besar untuk menjaga perdamaian dunia. Menurut dia, dengan masuk keanggotaan (DK PBB), suara Indonesia bisa didengar oleh negara anggota lainnya.

“Indonesia salah satu calon yang cukup kuat. Pertama, Indonesia berkontribusi dan masuk 10 besar negara yang mengirim pasukan DK PBB,” ungkap pria yang kerap disapa Tata tersebut.

“Indonesia juga mendorong kepentingan Palestina, serta menjadi negara yang mendorong kesatuan ASEAN dalam menghadapi konflik di Laut China Selatan,” sambung Tata.

Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB sebagai perwakilan kawasan di Asia. Untuk pencalonan di grup yang sama, Indonesia maju dengan Maladewa. Indonesia sendiri pernah menjadi DK PBB selama tiga kali.

Diketahui, dalam Sidang Umum PBB kali ini, Indonesia akan diwakilkan Wakil Presiden Yusuf Kalla dan didampingi Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge