0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kriminolog sebut Jessica Narsistik

Terdakwa Jessica Kumala Wongso bersama kuasa hukumnya (merdeka.com)

Timlo.net – Kriminolog, Prof Ronny Nitibaskara bersaksi pada sidang kasus kematian Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di PN Jakarta Pusat, Kamis (1/9). Ronny mengatakan, gerak-gerak tubuh dan ucapan Jessica kerap berubah saat diperiksa terkait kematian Mirna. Menurutnya, beberapa bagian tubuh Jessica selalu berubah saat diperiksanya.

“Dalam teknik dua penyelidikan ada empat bagian yaitu investasi emosional, saya bisa melihat gesture dia merasa tertekan, saya tidak pernah melihat tertekan, tidak melihat mengibas rambut, tidak melihat menekan bibir,” kata Prof Ronny, Kamis (1/9).

Ahli Kriminolog yang juga Penasehat Kapolri Bidang Kriminologi ini menambahkan, gerakan Jessica itu berbanding terbalik dengan aktivitasnya sehari-hari. Ronny mengatakan, ekspresi aneh Jessica itu dapat terlihat lewat metode fisiognomi modern.

“Dari situ bisa terlihat dari akurasi wajah. Penglihatannya pernah dilakukan dengan orang yang sembarangan. Tingkat akurasinya 95 persen,” kata dia.

Menurut dia, dari pemeriksaan itu terungkap bahwa pernyataan Jessica terkesan selalu benar sendiri dan menunjukkan diri sendiri atau narsistik.

“Saat saya memeriksa Jessica dilihat dari tahap-tahap tadi sekarang ke bahasa tubuh itu berkali-kali saya temukan Jessica itu ketidakserasian ucapan dengan gerakan tubuh dalam wawancara itu. Sering melakukan bloking, serta duduknya pindah-pindah. Saya melihat juga tidak ditemukan ketidaksesuaian dengan bahasa verbal dan nonverbal walaupun tidak banyak,” kata Ronny.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge