0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspada, Hewan Kurban Pincang dan Belum Poel!

Petugas Disnakkan Karanganyar saat memeriksa kesehatan hewan kurban (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Sejumlah hewan kurban yang akan dijual ditengarai pincang dan belum poel. Hal tersebut diketahui saat Dinas Peternakan dan perikanan (Disnakkan) Karanganyar menemukannya dalam pengecekan yang dilakukan di wilayah Gondangrejo, Rabu (31/8).

“Kita cek tiga tempat penampungan di Bulurejo, Jeruksawit, Gondangrejo,” kata petugas bidang Kesehatan Hewan Disnakkan Karanganyar, Fathur Rahman, Rabu (31/8).

Fathur mengatakan, secara umum sapi sapi kurban sehat. Namun ada beberapa sapi sakit pada bagian mata. Selain itu ada sapi yang pincang. Menurutnya hal tersebut sering terjadi pada saat pengiriman.

“Ada sepuluh yang sakit mata dan ada dua yang pincang,” jelasnya.

Fathur mengatakan, rata-rata sapi yang telah dilakukan pengecekan belum poel. Namun Disnakkan hanya berkonsentrasi terhadap kesehatan hewan yang akan dijadikan kurban.

“Saran kami, pembeli hendaknya lebih teliti dan dipastikan hewan kurban harus jantan, sehat dan sudaj poel,” jelas Fathur.

Beberapa penyakit yang seringkali menyerang saat cuaca lembab seperti, batuk, pilek, diare, kembung dan penyakit mata. Dia mewanti- wanti agar pemilik lapak menjaga kebersihan lingkungan berjualan.

“Pokoknya hewan yang sakit jangan dijual,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge