0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pesan WhatsApp yang Dihapus Masih Bisa Dibaca

Aplikasi WhatsApp. (Dok:Timlo.net/ Apple Insider)

Timlo.net—Lain kali Anda menghapus chat atau pesan di WhatsApp, jangan begitu yakin jika pesan itu benar-benar terhapus. Menurut pemberitaan The Telegraph, chat yang terhapus itu bisa dipulihkan kembali dan dibaca.

Mengutip peneliti keamanan Jonathan Zdziarski, Telegraph berkata jika ada jejak forensik untuk semua chat yang tersimpan di perangkat-perangkat Apple. Hal ini berarti entah chat Anda dihapus, dibersihan atau diarsipkan, pesan itu masih bisa dibaca orang lain jika mereka punya akses ke perangkat yang Anda pakai.

Fitur enkripsi end-to-end yang ada di WhatsApp memastikan hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda yang bisa membaca pesan yang dikirim. Akan tetapi, beberapa jejak dari pesan yang terhapus rupanya dibackup secara otomatis di iCloud. Entah fungsi sinkronisasi iCloud diaktifkan atau tidak, semua pesan yang terhapus itu akan dibackup secara otomatis. Backup ini tidak terenkripsi sehingga bisa dibaca pihak ketiga.

Solusi untuk benar-benar menghapus pesan WhatsApp adalah dengan menghapus aplikasi chat itu sepenuhnya dari perangkat Apple yang Anda pakai.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge