0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ibu Hamil Jangan ke Singapura Dulu

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek menganjurkan kepada ibu hamil untuk tidak bepergian ke Singapura dalam waktu dekat. Sebab, sudah ada warga di negara itu yang terjangkit virus Zika. Menurutnya, ibu-ibu hamil sangat rentan terjangkit virus berbahaya yang disebarkan melalui nyamuk ini.

“Yang ditakuti dari virus Zika ini adalah kemungkinan korelasinya, kalau ibu hamil anaknya terjadi mikrosefali. Barangkali ibu hamil untuk mempertimbangkan hal tersebut (berkunjung ke Singapura),” kata Nila Moeloek, Rabu (31/8).

Dijelaskannya, bayi yang mengalami mikrosefali akan memiliki ukuran otak dan tengkorak yang abnormal, mulai dari dalam rahim hingga saat lahir. Pemicunya adalah karena infeksi virus, racun atau faktor genetik yang tidak diketahui.

Selain itu, Nila juga menjelaskan gejala-gejala seseorang yang terjangkit virus ini di antaranya demam namun lebih ringan dari demam berdarah. Virus ini, lanjutnya, hingga saat ini belum ada obatnya. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia bakal meningkatkan kewaspadaan.

“Tapi karena ini sudah global dan sudah melewati beberapa benua. Sudah 45 negara kalau tidak salah. Sudah menjadikan WHO mengeluarkan suatu public health emergency of international consult. Maka itu kita harus waspada dalam mengambil tindakan,” terangnya.

“Tentu kita juga meminta ikut waspada masyarakat. Karena ini ditularkan melalui nyamuk dan nyamuk sama seperti DB aedes aegepty yang ada di negara tropis dan kita termasuk negara tropis. Barangkali kita juga jadi mau tidak mau kita bisa menghindarkan dari gigitan nyamuk. Kebersihan nomor 1,” sambung Nila.

[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge