0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Agustus, Angka Inflasi Solo Diprediksi 0,2 Persen

dok.timlo.net/setyo pujis
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Bandoe Widiarto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Angka inflasi Solo pada Agustus 2016 diprediksi lebih rendah jika dibanding bulan sebelumnya. Kondisi itu karena dipengaruhi permintaan masyarakat yang stabil dan tidak ada gejolak harga yang berarti di pasaran.

“Prediksi kita, angka inflasi kota Solo pada Agustus ini dikisaran 0,2 persen. Bahkan bisa saja terjadi deflasi,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Selasa (30/8).

Dirinya mengatakan, rendahnya prediksi angka inflasi tersebut karena dari hasil pantauan harga komoditas di pasaran cenderung normal. Bahkan beberapa diantaranya mengalami penurunan.

“Secara keseluruhan harga di pasaran saat ini stabil. Bahkan untuk daging ayam ras yang sebelumnya diangka Rp 32 Ribu per kilogram, sekarang turun menjadi Rp 28 Ribu per kilogram,” jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya masih tetap mewaspadai beberapa komoditas yang berpotensi menyumbang angka inflasi. Diantaranya adalah cabai rawit merah, LPG 3 kilogram, telur ayam ras dan daging sapi yang saat ini masih stabil tinggi atau bertahan diangka Rp 110 Ribu per kilogram.

“Telur ayam ras ini memang harganya fluktuatif di pasaran. Penyebabnya karena pemerintah menghentikan impor jagung, dimana komoditas itu adalah pakan utama dalam ternak ayam,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge