0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

FKIP UNS Hadirkan Pakar Ekopedagogi

timlo.net/eko prasetyo
Kuliah umum FKIP (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) menghadirkan pakar Ekopedagogi Prof Dr Nana Supriatna MEd pada kuliah umum mahasiswa baru program Magister (S2) dan Doktor (S3) Kependidikan. Pakar dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung itu menyampaikan materi “Ekopedagogi untuk Membangun Kecerdasan Ekologis Generasi Penerus Bangsa” dalam kegiatan Kuliah Umum di Aula Gedung F FKIP UNS, Solo, Senin (29/8).

“Kuliah umum tersebut mengawali proses pembelajaran mahasiswa baru program Magister dan Doktor Kependidikan,” ungkap Dekan FKIP UNS Prof Dr Joko Nurkamto di sela-sela kegiatan.

Menurut Prof Joko, kegiatan tersebut menjadi kuliah perdana bagi 267 mahasiswa baru S2 dan S3 Kependidikan Tahun Akademik 2016/2017 setelah mereka dilantik secara resmi oleh Rektor tanggal 18 Agustus 2016.

Pada kesempatan itu, Prof Nana menyampaikan, isu utama ekopedagogi adalah Kesinambungan (sustainability) ketidakadilan yang disebabkan oleh hegemoni idiologi dominan seperti kapitalisme, ekonomi pasar bebas. Ekopedagogi juga mengusung isu Pemberdayaan (Empowering) peserta didik menjadi generasi yang memiliki kecerdasan ekologis untuk menjadi penyelamat planet bumi pada masa kini dan masa yang akan datang. Ekopedagogi merupakan gerakan pemikiran dari pedagogi kritis dengan tokoh Jurgen Habermas.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge