0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau Basah Hingga Desember, Waspadai Angin Kencang

dok.timlo.net
Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto (dok.timlo.net)

Sukoharjo — Masyarakat dihimbau untuk mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang yang masih berpotensi terjadi hingga Bulan Desember mendatang. Cuaca ekstrim ini biasa disebut dengan kemarau basah terjadi di lebih dari 70 persen kawasan di Indonesia.

“Kondisi cuaca seperti ini biasa disebut kemarau basah dan dari BMKG memprediksikan akan terjadi hingga Bulan Desember mendatang. Masyarakat kami himbau untuk mewaspadai hujan dan angina kecang yang dimungkinkan masih terjadi,” kata Kepala BPBD, Suprapto, Senin (29/8).

Pada musim kemarau basah seperti saat ini, potensi hujan masih ada meskipun tidak sampai terjadi hujan lebat dan sampai mengakibatkan banjir. Namun yang harus diwaspadai adalah potensi tejadi angin kencang masih cukup tinggi di seluruh wilayah di Sukoharjo.

Namun demikian, hingga saat ini selama musim kemarau basah belum ada laporan dari warga masyarakat terkait terjadinya bencana alam. Justru kondisi seperti ini cukup membantu para petani karena ketersedian air masih cukup dengan adanya hujan.

“Biasanya pada bulan ini sudah puncak kemarau, namun kali ini hujan masih ada meskipun dalam skala kecil hingga sedang. Intinya kita sudah mempelajari kondisi cuaca saat ini dan siap kapanpun jika terjadi bencana alam,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge