0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

26 Mahasiswa Arsitektur UMS Gelar Karya di CFD

dok.timlo.net/tyo eka
Mahasiswa Arsitektur UMS pameran di CFD (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak 26 mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar pameran hasil karya tugas akhir di kawasan Car Free Day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (28/1). Selama sekitar tiga jam mereka memamerkan poster dan maket kepada para pengunjung CFD.

“Tema yang diangkat adalah Awareness of Architecture,” ungkap Ristiana Warastri, salah satu mahasiswa kepada wartawan.

Ada beberapa yang disajikan, seperti poster, market maupun desain yang detil dan amat beragam, mulai dari resor, taman dan galeri kota, jalan raya sebagai kawasan city walk, galeri kesenian anak berkebutuhan khusus (ABK), pusat pendidikan dan terapi anak autis, gedung teater opera musik, gedung pondok pesantren, gedung akademi musik Jazz, hingga pengembangan kawasan wisata air.

Ristiana Warastri yang merancang International Musicals Opera Theatre of Solo, menuturkan, ide rancangannya berawal dari survei yang dilakukannya di beberapa gedung kesenian di Kota Solo. “Berdasarkan survei tersebut, diketahui bahwa beberapa gedung kesenian yang ada belum memenuhi standar gedung opera kesenian. Dari situ muncul ide dan kemudian saya kembangkan,” ujarnya.

Sementara itu Muhammad Yusuf, perancang arsitektur tentang Pengembangan Kawasan Waduk Mulur sebagai Wisata Edukasi dan Sport, mengungkapkan, ide bermula dari keprihatinannya dengan kondisi kawasan wisata Waduk Mulur, Sukoharjo, yang mangkrak. “Dengan potensi alam yang dimiliki Waduk Mulur, kawasan tersebut potensial untuk dikembangkan,” jelasnya.

M Yusuf yang juga Ketua Pameran Karya Tugas Akhir Mahasiswa Arsitektur UMS tersebut menambahkan, pameran digelar dua hari hingga Senin (29/8). Namun hari kedua, pameran digelar di Gedung H Kampus 2 UMS.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge