0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengadaan Seragam di SMAN 3, Dewan : Komite Jangan Jadi Stempel Saja

Ilustrasi (timlo.net - dhefi)

Solo – Dugaan pungli pengadaan seragam di SMA Negeri 3 Solo menjadi peringatan keras bagi dunia pendidikan di Kota Bengawan. Kalangan legislatif menyorot peran komite yang belum maksimal lantaran keberadaannya yang hanya dianggap sebagai stempel kebijakan sekolah.

“Kasus seragam sekolah di SMA Negeri 3 Solo yang sudah ditangani oleh Kejaksaan ini hendaknya menjadi pelajaran dan instropeksi,” terang anggota Komisi IV DPRD Solo, Reny Widyawati, Minggu (28/8).

Disinggung peran komite untuk mencegah terulangnya kasus pengadaan seragam sekolah yang telah masuk ke ranah Kejaksaan tersebut, Reny mengaku, hendaknya komite sekolah pro aktif untuk menjalin komunikasi. Saat ini ia melihat peran komite sekolah hanya untuk menetapkan keputusan strategis, misalnya besarnya uang gedung di sekolah swasta. Selebihnya komite sekolah hanya berfungsi sebagai tempat pertimbangan dan persetujuan jika sekolah memiliki program.

“Seolah-olah yang dibutuhkan hanya stampel saja, setelah itu lepas tangan,” ungkapnya.

Padahal, menurut Reny, kewenangan komite sekolah sangat luas selama kegiatan yang dilakukan sekolah berhubungan dengan siswa. Dengan kasus seragam di SMA N 3 ini, kata Reny, menunjukkan komite sekolah tidak memiliki ruang untuk berbicara baik dengan sesama orang tua maupun dengan pihak sekolah.

“Kenapa tidak diselesaikan di tingkat komite saja, malah ke ranah hukum. Ini membuktikanm jika komitenya sama sekali gak jalan,” tandas Reny.

Sementara itu, anggota Komisi IV Bambang Triyanto mengharapkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispendikpora) melakukan evaluasi total terhadap peran strategis pihak sekolah dengan  komite sekolah.  Hal itu menjadi poin penting demi terciptanya kondusifitas kegiatan belajar mengajar.

“Sekarang banyak media untuk koordinasi misalnya membuat grup melalui telephone genggam maupun media sosial lainnya. Sehingga, sinkronisasi akan tercipta antara sekolah dan komite,” ucapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge