0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ngeri, Sabu Jenis Crocodile Berdampak Fatal

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Konsumsi narkoba masyarakat Indonesia diklaim sudah mencapai Rp 72 Triliun. Data itu disampaikan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

“Data di BNN pada Mei lalu disebutkan bahwa uang rakyat yang digunakan untuk mengonsumsi narkoba mencapai Rp 63 triliun. Data terbaru, sekarang sudah mencapai Rp72 triliun,” kata Khofifah, Sabtu (27/8).

Khofifah juga mengungkapkan adanya jenis narkoba yang membuat daging di tubuh si pengguna akan mengelupas.

“Ada sabu-sabu jenis Crocodile. Ini kalau dikonsumsi, daging kita akan mrotol (mengelupas sendiri-red). Biasanya tangan dulu sampai siku yang mrotol, kemudian tinggal tulang yang gosong. Setelah itu baru di kaki sampai lutut. Kalau sudah kena tangan dan kaki, baru ke wajah. Ini sudah ada korbannya di Jakarta dan Jawa Barat,” katanya.

Dia juga mengingatkan para guru dan orangtua waspada karena pengedar narkoba mulai menyasar anak usia dini dan taman kanak-kanak yang dikemas dalam bentuk permen.

“Awalnya anak-anak itu dikasih cuma-cuma. Setelah ketagihan, mereka akan mengajari anak-anak itu untuk berbuat kriminal. Misalnya disuruh membawa barang-barang untuk ditukar dengan permen tersebut. Anak diajari, kalau ada jam bapaknya atau cincin ibunya suruh diambil,” kata Khofifah.

Ia juga mengingatkan kalangan santri agar waspada karena semua lini saat ini diincar untuk dijadikan pasar narkoba.

“Kalau di dalam pesantren diajari akhlakul karimah (akhlak yang baik), di luar pesantren sudah banyak yang mengincar. Sekarang ada fenomena narkoba disimpan di masjid karena dianggap aman. Atau disimpan di universitas-universitas karena dianggap aman,” ujarnya.

[lia]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge