0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadi Pembuangan Sampah, Relawan Resik- Resik Sungai

Resik-resik sungai Krisak (foto: Tarmuji)

Wonogiri – Ratusan relawan bergotong-royong menggelar aksi resik-resik alias bersih-bersih di Sungai Krisak. Pasalnya,sungai tersebut dipenuhi dengan sampah rumah tangga. Selain itu semak belukar yang tumbuh di sekitar aliran sungai ini menyumbat aliran air.

“Ada sekitar 300 peserta. Mereka terdiri dari personel BPBD, TNI, Polri, relawan Forum Peduli Bencana dan masyarakat sekitar sungai,” ujar Kepala BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Sabtu (27/8).

Dikatakan, aksi itu dilakukan sebagai upaya mengurangi risiko bencana banjir. Menurutnya, masih banyak pengelolaan sungai yang tidak mengikuti kaidah penanggulangan bencana antara lain, menjadi tempat pembuangan sampah dan banyak tanaman yang menghambat aliran air, seperti rumpun-rumpun bambu.

Selain itu, aksi ini juga diharapkan sebagai pemicu kepedulian warga masyarakat sekitar sungai agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kami akan membentuk komunitas sungai untuk memberi edukasi tentang manfaat dan fungsi sungai. Tidak hanya sebagai aliran air, tapi juga menjaga ekosistem ikan atau pariwisata sehingga menambah pendapatan masyarakat,” terangnya.

Disebutkan, Sungai Krisak dua tahun silam sempat terjadi banjir bandang. Puluhan rumah terendam setinggi lutut dan di daerah rendah setinggi kepala. Walaupun banjir bandang tersebut cepat surut namun perlu antisipasi sekaligus kewaspadaan dini.

“Faktor lain adalah sedimentasi sungai krisak cukup tinggi. Sehingga perlu untuk segera dilakukan revitalisasi dan normalisasi sungai, karena sungai sudah dangkal,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge