0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Turis Mancanegara ke Banyuwangi Meningkat Tajam

foto: Rosyid
(foto: Rosyid)

Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi dinilai sukses mempromosikan pariwisata ke luar negeri dalam waktu relatif singkat. Kesuksesan Pemkab tercermin dari jumlah wisatawan mancanegara yang meningkat pesat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

“Kunjungan wisatawan mancanegara kalau dilihat dari jumlah tamu hotel ada 51 ribu pada tahun 2014. Tahun 2015 menjadi 59 ribu,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Khoirul Ridho kepada wartawan dalam acara media gathering di Banyuwangi, Sabtu (27/8).

foto: Rosyid

foto: Rosyid

Peningkat wisatawan mancanegara ke Banyuwangi sudah tampak sejak tahun 2013. Di tahun itu, Badan Pusat Statistik mencatat ada 50.244 kunjungan wisatawan mancanegara ke kabupaten berjuluk The Sunrise of Java itu. Jumlah itu meningkat 5 ribu dari tahun sebelumnya yaitu yaitu 45.280 pengunjung. Sejak itu, jumlah kunjungan terus meningkat.

Kepala bidang Pariwisata Disbudpar Banyuwangi, Dariharto mengungkapkan hal itu tak lepas dari kerja keras Pemkab membangun pariwisata. Sebagai langkah awal, Pemkab melakukan inventarisasi potensi wisata yang ada. Selanjutnya, potensi tersebut dituangkan dalam kalender even sebagai bahan promosi.

Promosi pariwisata Banyuwangi dilakukan secara kontinyu sepanjang tahun melalui berbagai media. Untuk memilih media promosi, Pemkab Banyuwangi membentuk tim kreatif yang terdiri dari budayawan, pemerintah, praktisi media serta pihak pihak lain yang dinilai kompeten. Hal ini dilakukan agar promosi yang digencarkan tepat sasaran sesuai dengan karakter pengunjung potensial sesuai target kegiatan.

foto: Rosyid

foto: Rosyid

“Misalnya untuk ecotourism (wisata ekologi) ini banyak diminati pengunjung dari kalangan muda,” kata dia.

Meski demikian, Dariharto menambahkan kunci sukses pemkab banyuwangi bukan pada kalender even.

“Yang lebih penting adalah bagaimana manajemen yang bekerja di balik pelaksanaan even even itu. Kuncinya adalah kekompakan pemerintah dan koordinasi lintas SKPD,” kata dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge