0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Upacara HUT ke 66 SMKN 8 Solo Serba Jawa

dok.timlo.net/tyo eka
Upacara HUT ke 66 SMKN 8 Solo bernuansa serba Jawa (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —  Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke 66 SMK Negeri 8 Solo tidak seperti upacara bendera biasanya. Upacara yang digelar di halaman sekolah tersebut, Sabtu (27/8), bernuansa serba Jawa, baik peserta memakai busana Jawa hingga memakai bahasa pengantar Jawa.

“Memang sengaja menggunakan serba nuansa Jawa dalam rangka melestarikan budaya Jawa. Siapa lagi kalau bukan kita, apalagi sekolah kejuruan ini sekolah berbasis seni, makanya harus kita uri-uri,” jelas Kepala SMKN 8 Solo Ties Setyaningsih kepada Timlo.net, seusai acara upacara.

Upacara yang diikuti seluruh siswa dan guru serta karyawan, tampak yang pria memakai pakaian surjan, kain jarik khas Jawa, dilengkapi blankon. Sedang yang perempuan mengenakan kebaya lengkap jarik. Aba-aba upacara berbahasa Jawa, termasuk pidato inspektur upacara juga bahasa Jawa. Bahkan diiringi gending-gending Jawa.

Dalam pidatonya di depan keluarga besar SMKN 8 Solo, Ties menyatakan, di HUT ke 66, sebagai sekolah berbasis pertunjukan, SMKN 8 Solo berkomitmen untuk menyiapkan tenaga seni yang terampil. “Karena seni merupakan profesional. Sehingga jangan memandang seni itu dengan sebelah mata,” ujarnya.

Pada acara tersebut juga diserahkan beberapa penghargaan kepada guru dan karyawan berprestasi. Selain itu, SMKN 8 Solo mendapat sertifikat ISO 9001-2008 untuk cakupan penerapan Provision of Education Services for Vocational High School Art and Culture Program Including the Development of Curriculum.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge